Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

PLUT KUMKM Kini Remi Berubah Nama Menjadi PLUT Premium

Rabu, 21 Desember 2022 | Desember 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T09:34:59Z
 
Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Revitalisasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT KUMKM) Kabupaten Pacitan telah selesai, dan kini naik status menjadi PLUT Premium. Tidak hanya hadir dengan wajah baru namun fasilitas yang ada pun semakin bertambah lengkap. 

Dengan rampung hal tersebut Revitalisasi Gedung PLUT kini sudah diresmikan oleh Bupati Pacitan, selain itu di gelar juga Ekspose PLUT Premium yang digelar di Gedung PLUT UMKM Jalan Jenderal Sudirman Baleharjo.

“Ada harapan besar ketika PLUT menjadi lebih baik secara fisik, harapannya implementasinya ini yang kita tunggu bersama,”ujar Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada sambutannya, Rabu (21/12/2022) 

Sebagai pusat konsultasi dan pendampingan koperasi, UMK dan wirausaha, PLUT UMKM Pacitan kini memiliki 9 layanan yakni layanan konsultan bisnis, layanan inkubasi bisnis, layanan seleksi dan kurasi serta layanan penguatan Kerjasama dengan stakeholder. 

Selain itu juga ada layanan promosi dan pemasaran, layanan perijinan usaha, layanan co working space, layanan pelatihan teknis dan manajerial dan layanan fasilitas lain pendukung kewirausahaan 

Mulai beroperasi tahun 2014 PLUT UMKM Pacitan memiliki 5 konsultan dalam bidang bisnis, yaitu Konsultan Pemasaran, Pembiayaan, Kelembagaan, SDM dan Produksi. Adanya Konsultan yang berkompeten di bidangnya dapat memfasilitasi pelaku usaha dalam pengembangan usahanya.

“Kami berharap PLUT Pacitan ini menjadi salah satu tool (alat) dalam pencapaian target rasio kewirausahaan,”kata Kabid Peningkatan Peran Dunia Usaha Industri Dan Pendidikan Kementerian Koperasi dan UKM RI Elvira Rosa Hadiningtyas.

Kabupaten Pacitan menjadi salah satu dari 7 PLUT di Indonesia yang mendapat anggaran DAK fisik penugasan tematik destinasi prioritas pariwisata dan sentra IKM bidang UMKM. PLUT Kabupaten Pacitan juga masuk dalam 6 PLUT terhebat di Indonesia.

Revitalisasi Gedung PLUT kini dengan tampilan baru dan banyak memiliki ruangan, Seperti ruang inkubasi bisnis, idea open space, co-working space dan studio foto produk UMKM serta ruang pelatihan.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kabid Peningkatan Peran Dunia Usaha Industri Dan Pendidikan Kementerian Koperasi dan UKM RI Elvira Rosa Hadiningtyas serta perwakilan Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Timur. (tyo)
×
Berita Terbaru Update