Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tangkal Leptospirosis,FPPA Akan Gelar Sayembara Tangkap Tikus

Sabtu, 11 Maret 2023 | Maret 11, 2023 WIB Last Updated 2023-03-11T08:47:50Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Bulan suci Ramadan sudah di depan mata. Penyakit Leptospirosis yang membuat kawatir warga ini diyakini akan mempengaruhi ibadah puasa. Dalam hal ini, Forum Pewarta Pacitan (FPPA) turut andil menyikapi fenomena tersebut dengan cara gelar sayembara menangkap tikus.

Menurut Ketua Pelaksana Sayembara, Masnan Yuanto, sayembara tersebut dikhususkan bagi para petani dan warga di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 
Kegiatan ini digelar selain untuk mengatasi persoalan hama tikus yang menyerang tanaman petani, juga meminimalisir sebaran bakteri Leptospira yang saat ini tengah merebak di 7 Kecamatan yang ada di Pacitan. 

"Sepekan lagi bulan puasa. Jangan sampai karena Leptospirosis tidak tertangani dengan baik, mengganggu ibadah umat muslim di Pacitan," katanya, Sabtu (11/03/2023).


Rencananya, sayembara tersebut akan digelar sebelum Bulan Ramadan. Nantinya warga dan petani akan berburu hama tikus, baik secara mandiri atau Kelompok. Bagi yang berhasil menangkap tikus paling banyak, nantinya akan mendapat hadiah.

"Sebelum Ramadan. Dengan harapan dapat memacu semangat para petani dan warga dalam pengendalian hama tikus atau menurunkan populasinya," terangnya.

"Di sisi lain, sayembara ini guna pencegahan dan pengendalian bakteri Leptospira. Juga turut serta Pewarta Pacitan dalam mengurangi risiko masyarakat terjangkit Leptospirosis," sambung Yuan.

Sedangkan untuk tempat pelaksanaan dan hadiah, akan diinformasikan lebih lanjut dalam waktu dekat.(**)
×
Berita Terbaru Update