Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bupati Pacitan Pimpin Aksi Bersih Sampah Plastik

Selasa, 13 Juni 2023 | Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-13T12:23:18Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Ratusan masyarakat dari berbagai komponen ambil bagian dalam aksi bersih sampah serta penanaman bibit pohon di obyek wisata Pantai Pancer Door Pacitan. Mereka berasal dari unsur ASN, pelaku bisnis, pegiat lingkungan serta masyarakat.

Dipimpin langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye Beat Plastic Pollution dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 di Kabupaten Pacitan. Peserta aksi memungut sampah khususnya plastik disepanjang bibir pantai. Sampah plastik yg terkumpul selanjutnya ditimbang dan dibawa ke Bank Sampah, untuk di  pilah dan dikumpulkan, kemudian dijual ke pengepul untuk di daur ulang, sehingga. bisa mengurangi sampah plastik

"Untuk mengatasi sampah plastik ini tidak mudah karena biasanya sesuatu hal yang menggunakan plastik itu lebih murah,"kata Bupati Beberapa hari lalu.

Mas aji berharap melalui kampanye ini tumbuh kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. Karena disadari atau tidak sampah plastik tersebut justru banyak dihasilkan dari limbah rumah tangga. Menurutnya, untuk mengatasi persoalan sampah plastik harus dilakukan bersama-sama mulai hulu hingga hilir. 

"Resolusi plastik ini merupakan langkah besar dunia untuk mengurangi polusi plastik mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik ini terhadap perubahan iklim," ujar Cicik Roudlotul Jannah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan. 

Sebagai langkah nyata kampanye pengurangan sampah plastik, seluruh peserta aksi kali ini tidak diperkenankan membawa air minum botol kemasan. Namun, wajib membawa minum dari rumah dengan wadah tumbler. 

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani kerjasama penyelenggaran program pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup antara PT. PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Pacitan dengan dua TPS 3R di Pacitan. Sebagai bentuk pengenalan lingkungan sejak dini juga diserahkan penghargaan Adhiwiyata kepada 5 lembaga sekolah yakni SDN 2 Bogoharjo, SDN 1 Belah, SDN 1 Pagerejo, SDN 2 Donorojo dan SDN 1 Bandar.(tim)
×
Berita Terbaru Update