Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Pam Swakarsa, Polres Bone Gelar Apel Satkamling

Kamis, 22 Juni 2023 | Juni 22, 2023 WIB Last Updated 2023-06-22T04:27:24Z

Kabar-Indonesia.com | Bone - Polres Bone menggelar Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling). untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa. Rabu (21/06/2023).

Apel digelar di Lapangan Mapolres Bone yang dihadiri oleh Wakapolres Kompol Sarifuddin, Forkopimda, Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Icsan, Pejabat Utama Polres dan Kapolsek jajaran serta para undangan lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, juga hadir seluruh perwakilan Satkamling dari tiap kecamatan dalam wilayah hukum Polres Bone dengan menggunakan pakaian adat Bone.

Kapolres Bone AKBP Arief Doddy Suryawan,S.I.K yang memimpin apel tersebut dan membacakan amanat Kapolri menyebutkan, Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif. Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.

‘’keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat, baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya,’’ tutur Kapolres.

Lanjut Doddy, “Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.”

Sementara Kasubsi PIDM Sihumas Iptu Rayendra Muchtar menambahkan “kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.” Jelasnya 

Sebelum apel Satkamling digelar, Sat Binmas Polres Bone telah menggelar lomba Satkamling untuk meningkatkan keterampilan warga masyarakat, dan sekaligus sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

Dari perlombaan tersebut ditetapkan para pemenang sebagai berikut;
- Juara 1 Pos Sat Kamling Duppamatae Desa Pannyili Kecamatan Palakka.
- Juara 2 Pos Sat Kamling Ajjalireng Desa Ajjalireng Kecamatan Tellu Siattinge.
- Juara 3 Pos Sat Kamling Sejahtera Desa Pacciro Kecamatan Ajangale. (r.s)
×
Berita Terbaru Update