Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Satpas Pacitan Terapkan Sirkuit Baru Pada Peserta Praktek Uji SIM

Senin, 07 Agustus 2023 | Agustus 07, 2023 WIB Last Updated 2023-08-07T03:16:20Z


Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Mulai hari ini pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) Golongan C tidak lagi menjalani ujian praktek yang rumit. Praktek Ujian melintasi sirkuit berbentuk angka 8 yang selama ini menjadi momok dihapus. Sebagai gantinya, dibuat sirkuit baru yang membentuk huruf S selebar 200 centimeter.

"Pemberlakuan materi uji praktek SIM terbaru ini berlaku nasional," tutur Kasatlantas Polres Pacitan AKP Nur Rosid melalui Kanit KRI Iptu Arip pada kegiatan sosialisasi pemberlakuan materi ujian praktek SIM terbaru di lapangan uji Satlantas Polres Pacitan,Senin (07/08/2023).

Sebelumnya, lanjut Arip, peserta ujian SIM Golongan C yang tidak lulus sebagian besar karena gagal dalam lintasan sirkuit angka 8. Nanti setelah diganti sirkuit huruf S, seharusnya lebih mudah.


Sirkuit ujian SIM Golongan C terbaru diawali jalur lurus dan tikungan tajam membentuk huruf U. Selanjutnya lintasan huruf S dan tikungan 90 derajat sebelum sampai titik finish. Sepanjang sirkuit itu pula terdapat isyarat uji reaksi berupa tulisan rem dan stop, serta cross junction.

"Walaupun materi uji praktek ini lebih mudah, tapi tidak mengabaikan faktor keselamatan,"ungkapnya.

Salah satu peserta praktik uji SIM, Aldi (19 tahun) warga Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan mengaku sangat terbantu dengan pemberlakuan lintasan baru. Pada percobaan pertama, dirinya langsung lancar dan tidak terhambat karena lintasan yang saat ini ukurannya lebih lebar dan mudah.


"Alhamdulillah sangat membantu untuk kamu yang akan mencari SIM, Terimakasih Pak Kapolri dan Pak Kapolres Pacitan, Dengan sirkuit baru jadi punya wawasan, tahu tata cara berkendara yang baik,"jelasnya usai mengikuti uji lintasan SIM baru.

Ia juga mengaku belum pernah mengikuti ujian praktik SIM dan dengan sirkuit baru ini lebih mempermudah saat ikut uji praktek SIM.

"Ini pertama ikut dan dengan lintasan baru, dan saya langsung lulus uji praktek,yang penting kita yakin pasti bisa lulus,"tandasnya.(tyo).

×
Berita Terbaru Update