Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Spektakuler,5000 Orang Ikuti Karnaval HUT RI 78 Di Desa Punung Pacitan

Minggu, 27 Agustus 2023 | Agustus 27, 2023 WIB Last Updated 2023-08-27T06:40:35Z


Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Semarak Peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke 78 Di Desa Punung Kecamatan Punung Pacitan sungguh spektakuler, Warga masyarakat seperti tak pernah kehabisan cara dan ide untuk turut meramaikan hari kemerdekaan RI tercinta.

Kurang lebih ada 500 Warga masyarakat dari masing-masing RT/RW dan Dusun di Desa Punung ikut ambil bagian dalam acara Karnaval HUT RI ke 78 tahun 2023. Ada sekitar 80 lebih berbagai properti yang di tampilkan melintasi Jalan Pacitan - Solo tersebut.

Menurut Kepala Desa Punung Bambang Priambodo mengatakan jika Karnaval dalam rangka HUT RI ke 78 ini telah di persiapkan sejak satu tahun lalu, dan di hari puncak ini seluruh warga masyarakat ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.


"Ini merupakan agenda tahunan Desa Punung, kalau tahun ini pesertanya memang lebih banyak, ada sekitar 5000 orang yang mengikuti karnaval, dan ini merupakan inisiatif dari warga di masing-masing Rt/Rw yang ada, pihak pemerintah desa hanya memfasilitasi acara ini,"ujar Kades kepada awak media di sela-sela karnaval yang di gelar pada Minggu (27/08/2023).


 Ada ribuan pasang mata menyaksikan karnaval tersebut, mulai dari tari-rarian tradisional, moderen kemudian ada beberapa karakter wayang,binatang purba juga tumpeng hasil bumi hingga ke penampilan barongsai yang di ambil langsung dari kota semarang Jawa Tengah.


"Ini merupakan bentuk cinta dan rasa nasionalisme kepada Negara Indonesia yang sedang Berulang Tahun ke 78, selain itu sebagai bentuk upaya pelestarian budaya lokal serta kearifan lokal,"ungkap Kades.

Disamping itu dengan adanya kegiatan karnaval seperti ini bisa mendongkrak pariwisata di Kabupaten Pacitan serta bisa menunjang perekonomian warga masyarakat khususnya di Desa Punung.

"Dengan adanya acara ini, banyak para pedagang yang membuka lapaknya di dalam rest area maupun sepanjang jalan yang di lalui karnaval, pasalnya penonton yang hadir bulan hanya warga lokal namun dari luar Pacitan juga banyak yang datang,"jelasnya.

"Dengan demikian perekonomian bisa terdongkrak serta pariwisata juga bisa di kenal masyarakat luas,"tandasnya.


Awak media juga sempat berbincang dengan salah satu warga yang ternyata dari Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri yang ikut hadir menyaksikan acara karnaval tersebut, Ia mengaku sengaja datang utuk menyaksikan karnaval dan sekalian berwisata ke Pacitan.

"Kami rombongan dari Dari Ngadirojo sengaja datang ke sini karena tau dari medsos jika ada karnaval dan sekalian berwisata ke pantai yang ada di Pacitan, kami sangat senang selain bisa lihat acara juga bisa merasakan kuliner yang ada, ini sungguh sangat spektakuler sekelas Desa yang menyelenggarakannya,"ucap Widodo.

Acara yang dihelat sejak pagi hari tersebut juga dihadiri Bupati Pacitan serta unsur Forkompinca Punung dengan pengamanan jalur laku lintas dari Polsek Punung dan BKO sari Satlantas Polres Pacitan, TNI serta Banser.(tyo) 

×
Berita Terbaru Update