Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Ayo Libur Akhir Tahun Ke Sentono Gentong, Wisata Alam Dan Religi Yang Memukau

Sabtu, 02 Desember 2023 | Desember 02, 2023 WIB Last Updated 2023-12-02T04:59:00Z

Wisata Sentono Gentong Pacitan

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Nama Sentono Gentong di Pacitan sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Wisata penuh view alam memukau ini sedang digandrungi wisatawan.

Wisata Sentono Gentong merupakan wisata unggulan yang ada di Pacitan dan akan memanjakan wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut, kini Sentono Gentong kian jadi primadona masyarakat.

Bahkan, gaung keindahan Sentono Gentong hingga jadi target tujuan utama wisatawan luar daerah.Tak heran wisata yang berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ini sekarang ramai setiap saat.

Menurut Kepala Desa Dadapan Ismono mengatakan jika pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayan serta sarana dan prasarana yang ada, apa lagi mendekati libur sekolah dan akhir tahun 2023.

"Kami telah mempersiapkan untuk para wisatawan yang berkunjung ke sentono gentong pada liburan sekolah dan akhir tahun nanti, dengan harapan wisatawan bisa menikmati indahnya teluk Pacitan dari Katingan sentono gentong,"ujarnya kepada pewarta, Sabtu (02/12/2023).

Ismono Kades Dadapan

Dengan tiket Rp 10.000, wisatawan bisa menikmati indahnya alam Pacitan serta menikmati wahana yang ada, bagi wisatawan yang ingin menginap juga di sediakan Homestay di lokasi tersebut, selain itu juga disiapkan penyewaan tenda bagi yang akan berkemah di tempat tersebut.

"Selain menikmati indahnya alam juga wisatawan bisa menginap dan berkemah, Kami menyiapkan sekitar 80 tenda untuk di sewakan dengan harga Rp.80.000/malam nya, jadi wisatawan bisa menikmati malam di puncak sentono gentong,"ungkap Ismono.

Walau pariwisata saat ini sedang lesu, namun untuk di sentono gentong pengunjung selalu ada,apa lagi jika sudah Akhir pekan maka pengunjung bisa mencapai 300-400 orang, ini yang menjadikan wisata yang di kelola BUMdes Dadapan tersebut primadona di Pacitan.

 Keunikan Sentono Gentong dengan wisata yang lain adalah pada letak lokasinya yang berada di puncak jurang karang. Karena itu Sentono Gentong menyajikan panorama alam yang mempesona dan menakjubkan.


Dari puncak jurang karang ini pengunjung dapat memandang lepas panorama Pacitan secara puas tanpa terhalang apapun. Semakin memukau karena juga terdapat indahnya Teluk Pacitan dan jajaran Gunung Limo yang membuat mata tak ingin berkedip sekejap pun.

Tak hanya indah menggetarkan imagi, ternyata Sentono Gentong juga menyimpan sejarah panjang peradaban kuno nusantara. Konon, Sentono Gentong mulanya merupakan sebuah petilasan atau tempat khusus untuk bertapa, semedi atau menenangkan diri.

Hal itu yang dipercaya oleh masyarakat setempat akan keberadaan bukit karang terjal penuh keindahan natural tersebut.

Namun, seiring perkembangan zaman dan dinilai memiliki potensi yang luar biasa, kemudian masyarakat berinisiatif untuk menjadikan Sentono Gentong sebagai destinasi wisata. Masyarakat sekitar dan sejumlah budayawan Pacitan juga meyakini bahwa tempat lokasi tersebut punya nilai sakral serta peran penting dalam sejarah tanah Jawa.(tyo)

×
Berita Terbaru Update