Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Wasekjen PBNU Ungkap Jika Warga NU Lebih Condong Mendukung Prabowo-Gibran

Rabu, 10 Januari 2024 | Januari 10, 2024 WIB Last Updated 2024-01-10T06:58:10Z

Kabar-Indonesia.com | Surabaya - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU Sulaeman Tanjung menyebut mayoritas warga Nahdlatul Ulama (NU) mendukung paslon capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Lalu bagaimana hasil survei pilihan warga Nahdliyin di Jawa Timur?
Dalam catatan, sejak KPU menetapkan paslon capres-cawapres pada November, ada dua lembaga survei yang merilis hasil pilihan warga NU di Jatim. Yakni Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Dalam survei LSI, warga Nahdliyin di Jatim cenderung memilih Prabowo-Gibran. Sebanyak 47,1% responden yang mengaku warga Nahdliyin memilih Prabowo-Gibran

Kemudian sebanyak 26,2% responden memilih paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sebanyak 17,5% responden memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Ada sebanyak 9,2% responden belum menentukan pilihannya.

Direktur LSI Hanan Djayadi menyebut mayoritas warga NU di Jawa Timur lebih memilih Prabowo-Gibran.

"Di segmen pemilih NU, 47,1 persen responden memilih Prabowo-Gibran," ujar Hanan Djayadi saat paparan survei, Jumat (05/01/2024).

Survei LSI di Jawa Timur dilakukan pada 16-28 Desember 2023 dengan jumlah responden sebanyak 8.800. Survei ini memiliki margin of error di angka 1,1% dengan tingkat kepercayaan 95% dan menggunakan metode stratified random sampling.

Dari 8.800 responden itu tersebar masing-masing 800 responden di 11 dapil yang ada di Jawa Timur.

Sementara dalam survei ARCI di Jatim, 36,7% responden yang mengaku warga Nahdliyin memilih Prabowo-Gibran. Kemudian 35,1% memilih Ganjar-Mahfud, dan 25,6% memilih Anies-Muhaimin. Ada 2,6% responden yang belum menentukan pilihan.

"Di segmen NU, Prabowo-Gibran unggul. Namun angkanya tidak terpaut jauh dari pasangan Ganjar-Mahfud," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Selasa (09/01/2024).

Survei ARCI dilakukan pada 10-20 Desember 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 3% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Diberitakan sebelumnya, Wasekjen PBNU Sulaeman Tanjung membantah klaim keluarga besar NU yang mengarahkan dukungan ke paslon nomor 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Bahkan yang sejatinya terjadi di bawah, keluarga besar NU itu tidak 01, tapi 02 (Prabowo-Gibran)," kata Sulaeman Tanjung kepada awak media, Minggu (07/01).

Dukungan kepada Prabowo-Gibran, kata Sulaeman, tercermin dari silaturahmi pengurus Wilayah NU se-Indonesia yang pada Sabtu (6/1) malam berkumpul di kediaman Rais Aam PBNU di Surabaya. Dalam pertemuan itu, selain menyampaikan suara dari bawah, seluruh pengurus Wilayah NU se-Indonesia juga mendengar arahan dan hasil istikharah para kiai-kiai utama NU.

"Kami banyak ngobrol, mendapat masukan suara-suara warga NU se-Indonesia bahkan mayoritas malah mendukung Prabowo," kata Sulaeman.(red)
×
Berita Terbaru Update