Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Penanganan Dugaan Money Politik di Bawaslu Timbulkan Tanda Tanya

Senin, 26 Februari 2024 | Februari 26, 2024 WIB Last Updated 2024-02-26T14:33:14Z
Ilustrasi

Kabar-Indonesia.com | Bone- Kinerja Bawaslu Kabupaten Bone dipertanyakan, setelah beredarnya video diduga Tim Sukses (Timses) caleg Partai PKB melakukan money politik atau politik uang pada 13 Februari 2024 lalu, sampai hari ini penanganannya di Bawaslu masih menimbulkan tanda tanya.

Komisioner Bawaslu kabupaten Bone, Alwi,.SE dikonfirmasi pada Senin (26/02/2024) sore tadi, ia meminta awak media melakukan komunikasi ke bagian penanganan pelanggaran.

“ Bisaki komunikasi langsung ke bagian penanganan pelanggaran" katanya.

Sebelumnya, pada 13 Februari lalu, Alwi,.SE sempat juga dikonfirmasi dengan hal yang sama, dia mengatakan “kami telusuri duluh dinda” kata Alwi.

Ketika awak media menanyakan, selama ini apakah belum ada laporan perkembangannya masuk ke Komisioner.

“ Iye ini masih kami tunggu updatenya dari tim penelusuran” sebut Alwi.

“ Kalau cukup bukti dan unsurnya terpenuhi pasti ditindak lanjuti, tunggu maki hasil penelusuran” lanjutnya.

Disisi lain, Nuralim selaku tim penelusuran pelanggaran kepemiluan di Bawaslu, ia mengaku sudah melakukan penelusuran, akan tetapi menurutnya, data penelusurannya masih perlu dikembangkan.

“  Insya Allah malam ini kami melakukan pengembangan dengan bertemu sama seseorang yang mengaku bisa memberi informasi yang lebih menguatkan hasil penelusuran kami” ungkap Nuralim

Kembali awak media bertanya, Sejauh ini apakah sudah diambil keterangannya yang ada di dalam video itu (diduga timses caleg) ?

Jawab Nuralim“ Belum, karena kami masih melakukan penelusuran” 

Lebih lanjut awak media melayangkan pertanyaan, Jadi sejauh ini seperti apa perkembangannya pak ? Sementara yang diduga timses caleg belum juga diambil keterangannya, apa lagi ini sudah lebih dari 10 hari kejadiannya.

Kembali dijawab Nuralim “ Tabe untuk perkembangan masih dalam pembahasan internal, tabe pak untuk mekanisme dan tata cara penelusuran ada SOP dan yang mengikat kami” 

Ditanya soal penelusuran apa yang di lakukan, dan tindakan apa yang sudah di lakukan Bawaslu terkait video itu ?

“ Penelusurannya adalah mencari fakta-fakta hukum terkait informasi yang ada dalam video tersebut” sebut Nuralim

“ Inikan sudah lebih dari 10 hari masih dalam pembahasan internal, jadi butuh waktu berapa puluh hari lagi kedepannya pak baru ada kepastian” tanyanya lagi awak media

Langsung dijawab Tim Bawaslu“ Tergantung fakta-fakta hukum apa yang bisa kami temukan”

Lanjut awak media melayangkan pertanyaan, sementara ini penelusurannya sudah lebih dari 10 hari sejak saya melakukan konfirmasi kepada pak Alwi (Ketua Bawaslu) pada 13 februari lalu. Sampai hari ini pun pihak Bawaslu belum bisa menunjukan ke publik,  langkah-langkah apa yang sudah dilakukan Bawaslu? Setiap di konfirmasi pihak Bawaslu hanya bisa menyampaikan "kami masih melakukan penelusuran"

“ Salah satu langkah itu, ya kami masih penelusuran” sebut Tim Bawaslu.

Diberitakan sebelumnya, Diduga tim pemenangan salah satu caleg DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil 1 Bone diduga melakukan money politik di masa tenang.

(Kabar-Indonesia.com/r.s)
×
Berita Terbaru Update