Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Mudik Lebaran, UPT PJJ Pacitan Sudah Persiapkan Jalur Jalan Provinsi,Ini Kata Kepala UPT

Sabtu, 23 Maret 2024 | Maret 23, 2024 WIB Last Updated 2024-03-23T11:12:40Z


Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Dua Pekan jelang musim mudik Lebaran UPT PJJ Pacitan Dinas PU Binamarga Prov.Jawa Timur ngebut untuk proyek perbaikan jalan.Tambal sulam dilakukan di 20 titik ruas jalan yang harus dirampungkan sebelum lebaran.

Dua jalur tersebut adalah wilayah Arjosari - Nawangan - Purwantoro Jawa Tengah dan Jalur Pacitan - Tegalombo - Ponorogo Salah satu bentuknya adalah memastikan bahwa kondisi jalan-jalan provinsi maupun jembatan dalam kondisi baik, dan bisa mendukung penyiapan dan perwujudan mudik yang aman, sehat, selamat, tertib dan lancar.

Untuk itu, pihak UPT PJJ Pacitan secara khusus untuk melakukan persiapan yang matang. Seperti memastikan jalan milik provinsi dalam kondisi baik untuk dilewati pemudik, serta melakukan antisipasi daerah rawan bencana dan kesiapan personil dan alat berat.

"Berdasarkan data yang ada, ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jatim wilayah Pacitan adalah 2 jalur dan saat ini kesiapan bagi pemudik sidah 89 persen sehingga saat H-7 dan H+ 7 lebaran sudah siap semuanya,"ujar Ir.Budi Harisantoso, ST, MT Kepala UPT PJJ Pacitan Dinas PU Binamarga Prov.Jawa Timur kepada awak media, Sabtu (23/03/2024).

Sedangkan untuk lokasi rawan bencana, jelas Putra Asli Pacitan tersebut, UPT PJJ Pacitan Dinas PU Bina Marga prov Jawa Timur juga telah melakukan pemetaan. Ada beberapa daerah yang rawan terjadi banjir dan longsor yang harus diwaspadai oleh pemudik.

Untuk daerah rawan banjir, seperti di wilayah Kecamatan Tegalombo yang berdekatan dengan alur sungai Grindulu, Sedangkan untuk lokasi rawan longsor, diantaranya Desa Ngreco,Gemaharjo dan sepanjang Jalur Arjosari hingga perbatasan Jawa Tengah.

“Dengan letak geografis Kabupaten Pacitab yang memiliki banyak pegunungan dan dataran tinggi, terdapat  wilayah yang rawan terjadi longsor. Seperti di Jalur Pacitan - Ponorogo dan Wilayah Arjosari Purwantoro,"jelasnya.

"Kami juga sudah berkordinasi bersama Dishub, BPBD,Satlantas Polres Pacitan serta dinas terkait untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan selama mudik lebaran, Untuk itu, kami juga meminta kepada pemudik nanti untuk berhati-hati saat melewati jalan tersebut, dan nanti dipasang rambu-rambu peringatan di daerah yang rawan longsor,”tandas Budi Hari sapaan akrabnya.

UPT PJJ Pacitan juga sudah mempersiapkan 4 unit alat berat serta Pick UP dan SDM nya selana pelaksanaan mudik lebaran 1445 Hijriah nanti, semoga semua bisa berjalan lancar tanpa kendala dan pemudik juga bisa merasa nyaman dalam perjalanannya.(tyo)

×
Berita Terbaru Update