Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Tiga rumah Di Desa Gegeran Pacitan Tertimbun Longsoran Batu Besar

Senin, 14 November 2022 | November 14, 2022 WIB Last Updated 2022-11-14T06:04:21Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Akibat Hujan dengan intensitas tinggi yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan Jawa Timur mengakibatkan tanah meenjadi longsor.Akibatnya Batu besar yang ada di ketinggian ambrol dan menerjang apa yang di lewati nya.

Seperti yang terjadi di Jalan Raya Pacitan - Ponorogo, masuk Desa Gegeran Kecamatan Arjosari Pacitan, pada Minggu malam sekira pukul 19.30 WIB dan menimpa 3 unit rumah warga hingga hancur di selain itu Bongkahan batu besar tersebut menimpa 1 unut kendaraan roda empat dan 2 unit roda dua serta 1 oeang mengalami patah tulang.

Menurut Kepala Desa Gegeran Marischa Hendriyana mengatakan, Jika peristiwa tanah longsor yang membawa bongkahan batu besar terjadi pada Minggu malam sekira pukul 19.30 WIB, dan menimpa rumah warga hingga sampai ke jalan raya.

"Memang benar telah terjadi tanah longsor di wilayah kami, dan batu besar menimpa rumah warga, hal tersebut terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi menguyur wilayah tersebut hingga mengakibatkan tanah longsor,"ujar Kades kepada awak media, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut Marischa menjelaskan jika ada beberapa bongkahan batu dengan berbagai ukuran ambrol, diantaranya ada yang sebesar rumah yang terguling dari atas ketinggian 30 meter dan menerjang 3 rumah.

"Selain 3 rumah juga ada 3 kendaraan milik warga yang ringsek tertimpa batu, serta 1 warga mengalami patah tulang, dan batu tersebut menutup seperempat Jalan Pacitan - Ponorogo, Adapun rumah yang rusak milik warga bernama Agus Supriyanto, Susini, dan Ahmad Rouf,"jelasnya.

"Kesemuanya adalah warga RT 02 RW 02 Dusun Karjan Desa Gegeran,"imbuhnya.

Masih menurut Kades, Akibat dari bencana tanah longsor tersebut kerugian material di perkirakan ratusan juta rupiah, dan tiga unit kendaraan pribadi milik warga ikut tertimbun batu dan rusak parah.

"Untuk warga yang mengalami patah tulang saat ini sudah dalam perawatan di RSUD dr Darsono Pacitan,"tandasnya.

Pihak Desa bersama BPBD,TNI/Polri dan masyarakat berupaya mengevakuasi batu besar yang menimpa rumah dan kendaraan milik warga tersebut, namun hingga kini belum bosa di pindahkan sehingga arus lalu lintas agak tersendat.

Pihaknya juga mengevakuasi dua Kepala Keluarga atas nama Sudarno dan Agus untuk diungsikan karena terancam adanya longsor susulan.

Selain menimpa rumah warga, asa 1 unit mobil Avanza ringsek di bagian body dan 1 motor Scopy serta 1 motor yamaha MIO J yang masih tertimbun longsor.(tyo)
×
Berita Terbaru Update