Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

21 Kades Terpilih Di Kabupaten Pacitan Di Lantik Bupati, Ini Pesan nya

Kamis, 19 Oktober 2023 | Oktober 19, 2023 WIB Last Updated 2023-10-19T10:04:35Z

Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Bupati Pacitan hari ini melantik 21 kepala desa terpilih dalam Pilkades serentak akhir Agustus lalu. Hadir dalam pelantikan wakil bupati, forkopimda, pimpinan perangkat daerah, asisten sekda, camat, Ketua TP PKK Kabupaten, BPD masing-masing desa penyelenggara pilkades serta keluarga. Acara digelar di Pendopo Kabupaten dengan khidmat pada Kamis (19/10/2023)

Dalam Sambutannya Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menekankan 5 poin penting kepada Kades yang dilantik. Nas Aji menekankan agar Kades mengutamakan rakyat, memahami kewenangan baik kewenangan yang berdasarkan asal-usul, kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan lain yang ditugaskan oleh pemerintah diatasnya serta memahami tugas, kewenangan, kewajiban, dan hak sebagai kepala desa.

Bupati juga berpesan, kades segera menyusun RPJMDes sebagai penjabaran visi misi menyesuaikan kondisi dan sumber daya yang ada sehingga arah pembangunan desa menjadi jelas dan mudah dipahami seluruh masyarakat. Dan yang terakhir selalu berkoordinasi dengan camat atau dinas terkait yang berkaitan dengan desa sebagai pembina dan pengawas desa. 


“Perlu setelah ini kades memahami kewenangan tugas pokok dan fungsi dan kewenangan ini sebisa mungkin selaras dengan program di atas. Semisal kekeringan, stunting atau kemiskinan. Ini perlu ditangani bersama-sama. Ini penting saya tekankan karena kewenangan desa ada batasnya,”ungkap Orang nomor satu di lingkup Pemkab Pacitan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Mas Aji juga menyerahkan santunan JKM, JHT kepada ahli waris Almarhum Hudiono Kepala Desa Widoro Kecamatan Pacitan serta beasiswa kepada anak almarhum. 

21 kepala desa yang dilantik adalah Kades Arjowinangun, Kades Sukoharjo Kecamatan Pacitan. Kades Gembuk Kecamatan Kebunagung. Kades Sendang dan Kades Donorojo Kecamatan Donorojo. Kades Mendolo Lor, Kades Bomo, Kades Kebonsari dan Kades Piton Kecamatan Punung serta Kades Poko, Kades Dadapan, Kades Pelem dan Kades Tamanasri Kecamatan Pringkuku.

Selanjutnya ada Kades Gasang, Kades Losari Kades Ketro Harjo Kecamatan Tulakan, Kades Kedungbendo Kecamatan Arjosari, Kades Tumpuk Kecamatan Bandar  , Kades Tegalombo Kecamatan Tegalombo, Kades Hadiwarno dan Kades Nogosari Kecamatan Ngadirojo.(tyo)
×
Berita Terbaru Update