Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Walau Diguyur Hujan Animo Masyarakat Pacitan Menyaksikan Festival Ronthek Luar Bisa q

Minggu, 18 Desember 2022 | Desember 18, 2022 WIB Last Updated 2022-12-18T09:56:55Z
Kabar-Indonesia.com | Pacitan - Semangat para peserta Festival Ronthek Gedhen Akhir tahun 2022 sangat luar biasa, walau saat penampilan sempat diguyur hujan namun tidak menyurutkan langkah mereka untuk menampilkan perform terbaiknya.

Antusias warga yang menyaksikan gelaran tersebut juga sangat tinggi, mereka rela hujan-hujanan untuk mendukung penampilan perwakilan kecamatan atau pun desa mereka tampil di hadapan orang nomor satu di lingkup pemkab dan para dewan juri.

Penonton dari Kecamatan Nawangan yang sudah hadir sejak siang hari tersebut tetap semangat untuk mendukung dan menyaksikan lengak lengok penari yang tampil, ini menandakan bahwa tradisi budaya lokal asli pacitan tersebut sangat di gandrungi masyarakat.

"Kulo sak rombongan pun nunggi teng mriki saking jam 3 (saya bersama rombongan sudah di lokasi acara dari jam 3),"ujar salah satu penoton asal Kecamatan Nawangan yang tidak mau di sebutkan namanya kepada awak media, Sabtu (17/12/2022) malam.

Bukan hanya dari kecamatan Nawangan saja, seperti dari kecamatan Bandar serta dari Kecamatan Donorojo, mereka rela datang untuk menyaksikan Festival Ronthek tersebut walau harus mengunakan kendaraan bak terbuka bersama-sama rombongan lain untuk menikmati pertunjukan tersebut.

"Ini menandakan jika animo masyarakat terhadap kesenian asli pacitan cukup tinggi, bahkan yang datang bukan hanya dari pacitan saja, namun para pelancong dari daerah lain jiga hadir menyaksikan festival gedhen ini,"ujar Turmudi Kadis Disparpora Pacitan.

"Semoga dengan festival ini bisa kembali mengangkat seni budaya serta menarik minat para wisatawan untuk hadi dan berkunjung ke objek wisata di pacitan,"tandasnya.

Di malam pamungkas gelaran Festival Ronthek Gedhen akhir tahun 2022 ini ada 7 kecamatan unjuk kebolehan dihadapan ribuan masyarakat yang tidak beranjak meskipun harus rela berbasah basahan. Ketujuh peserta tersebut adalah ronthek dari Kecamatan Nawangan, Punung, Donorojo, Pringkuku, Tegalombo, Bandar dan Ngadirojo.

Festival Ronthek Gedhen 2022 hari kedua tersebut dibuka dengan penampilan kesenian Ronthek Sanggar Gong Pari Kidul dari Sekolah Alam Pacitan. Meski bukan termasuk peserta festival namun penampilan anak-anak sekolah dasar ini mampu menghipnotis para penonton. 

Tak terkecuali, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan tamu undangan yang pada kesempatan tersebut menyaksikan dari panggung utama. Bahkan, secara khusus Mas Aji turun memberikan ucapan selamat kepada anak-anak dan para guru atas penampilan mereka yang sangat memukau tersebut.(tyo)

×
Berita Terbaru Update